Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Komik Bagi Perkembangan Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/manfaat-komik-bagi-perkembangan-anak

Apakah anak kita sangat bahagia membaca komik? Sebagian orang renta memandang bahwa komik menjadi hal yang kurang baik bagi anak. Sebagian orang renta lain pun memandang bahwa kalau anak kecanduan membaca komik, anak akan enggan belajar. Padahal, komik bahwasanya mendatangkan beberapa manfaat konkret dan penting bagi anak. Tentu saja, kalau anak tak berlebihan membacanya. Berikut beberapa manfaat konkret membaca komik bagi perkembangan anak.


Gambar 1. Komik

Meningkatkan Kemampuan Bertutur Kata Anak. Pada lembaran-lembaran komik, berisi gambar dan ballon text yang menandakan situasi gambar. Nah, ketika anak menyimak lembaran-lembaran komik, sang anak akan menyimak bagaimana menjelaskan suatu situasi dalam tutur kata yang efektif. Nah, dengan demikian, sangat membantu meningkatkan kemampuan bertutur kata sang anak.

Memperluas Kosa Kata. Saat anak menyimak komik, anak akan disuguhkan banyak sekali kosa kata. Karenanya, akan memperluas kosa kata dalam benak anak. Semakin baik anak menguasai kosa kata, tentunya, memudahkan berkomunikasi dengan orang lain. Dan juga, mempermudah anak menyimak media tertulis lainnya. Misalnya, buku teks pelajaran ataupun buku cerita.

Memperkaya Imajinasi Anak. Secara mendasar, semakin baik imajinasi memudahkan berpikir kreatif. Nah, sebagai orang tua, kita sanggup menanamkan kemampuan berimajinasi semenjak anak usia dini. Bila anak membaca komik, alasannya yaitu komik berisi dongeng dan gambar menarik, bahwasanya akan lebih merangsang kemampuan berimajinasi sang anak. Imajinasi sang anak akan terus terangsang ketika menyimak tokoh-tokoh dan dongeng komik yang menarik.

Merangsang Minat Membaca. Membaca bahwasanya menjadi hal penting. Dengan banyak membaca, memperluas khazanah pengetahuan. Nah, sebagai orang tua, kita sanggup menanamkan minat membaca semenjak anak usia dini. Bila anak bahagia membaca komik, bahwasanya akan lebih merangsang minatnya untuk membaca. Saat anak berusia dewasa, menciptakan sang anak bahagia membaca dan menyimak banyak sekali literatur.

Media Alternatif Untuk Belajar. Apakah anak kita kurang bersemangat untuk belajar? Sebagai solusi simpel untuk mengatasinya, kita sanggup memanfaatkan media komik sebagai media untuk belajar. Anak-anak, secara psikologis, lebih menyukai media pembelajaran yang dihiasi gambar-gambar menarik. Misalnya, untuk mengajarkan ilmu matematika dasar, kita sanggup memperlihatkan komik yang menceritakan wacana hitung-hitungan fundamental menyerupai pertambahan ataupun pengurangan angka.

Menanamkan Hal-Hal Positif Di Dalam Jiwa Anak. Umumnya, orang renta memandang komik hanyalah merupakan dongeng imajinatif bergambar. Karenanya, kalau anak membaca komik, dipandang sebagai hal yang kurang bermanfaat. Padahal, komik pun sanggup menjadi media untuk menanamkan hal-hal konkret di dalam jiwa anak. Ambil contoh, pada komik, terdapat juga adegan-adegan yang positif. Misalnya, menolong orang lain ataupun semangat pantang menyerah. Bila anak menyimak adegan tersebut, tentunya sangat baik bagi perkembangan anak.

Demikian, manfaat komik bagi perkembangan anak. Kesimpulannya, komik tak seutuhnya kurang baik bagi perkembangan anak. Karenanya, melarang anak biar tak membaca komik merupakan hal yang kurang tepat. Tentu saja, kalau sang anak tak berlebihan membacanya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://childrenspublishing.com/benefits-comic-books-children/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2016/05/15/05/04/comic-1393153_960_720.jpg
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/