Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Selalu Pilih – Pilih Makanan? Tips Untuk Anak Semoga Tidak Jadi “Pemilih” Makanan

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/anak-selalu-pilih-pilih-makanan-tips-untuk-anak-agar-tidak-jadi-pemilih-makanan

Sebagai orang bau tanah anda mungkin kerap kesal ketika mendapati buah hati Anda terlalu pemilih dalam hal makanan. Jika anak terlalu pemilih hal itu juga akan menciptakan orang bau tanah pusing alasannya yakni anak otomatis tidak akan makan jikalau yang tersedia bukan kuliner favoritnya. Sebenarnya, bukanlah hal yang asing apabila anak terlalu pemilih dalam hal makanan.


Gambar 1. Anak laki – laki

Namun, jangan khawatir alasannya yakni ada beberapa tips yang sanggup orang bau tanah terapkan supaya anak tidak pilah – pilih lagi dalam hal makanan. Berikut yakni beberapa tips yang sanggup dilakukan.

  1. Berilah pola yang baik

    Anak-anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Karena itu, orang bau tanah sanggup menawarkan pola yang baik kepada anak dengan makan banyak sekali macam kuliner yang tersedia . Jika mungkin, sajikan bermacam-macam sajian yang berbeda setiap harinya biar keluarga dan anak Anda terbiasa menikmati sajian yang beragam.

  2. Sedini mungkin! Kenalkan bermacam-macam jenis kuliner pada si kecil

    Agar Si Kecil enggak pilih-pilih makanan, ibu sanggup memperkenalkan Si Kecil pada banyak sekali macam makanan. Dengan ini, Si Kecil sanggup mempunyai banyak pilihan untuk sajian makanannya di kemudian hari. Jika mungkin, hindari menawarkan kuliner yang sama berulang-ulang.

  3. Jangan menyerah! Apalagi dengan reaksi anak Anda


    Gambar 2. Anak makan

    Sudah menyiapkan makanan, tetapi anak tidak mau memakannya? Hal ini mungkin terjadi alasannya yakni anak belum mencobanya. Karena itu, abaikan wajah negatif atau apa yang anak katakan perihal kuliner tersebut. Ibu sanggup menawarkan waktu untuk anak biar mengenal dan mencoba kuliner tersebut. Si Kecil mungkin akan terkejut dengan rasa kuliner yang ia coba, dan mulai menyukainya.

  4. Penyajian itu penting! Kaprikornus sajikan kuliner semenarik mungkin

    Kebanyakan anak menilai kuliner dari tampilannya, anak menyukai kuliner dengan tampilan yang menarik. Ibu sanggup menyajikan sajian kuliner untuk anak dengan tampilan yang menarik. Misalkan, jikalau anak Anda tidak menyukai sayuran, ibu sanggup menyembunyikan sayuran tersebut di dalam tahu goreng atau sajian lainnya. Ibu juga sanggup menyusun kuliner dalam bentuk lucu, ibarat wajah, hewan, bunga, dan bentuk lucu lainnya.

  5. Sediakan Camilan Sehat


    Gambar 3. Makanan sehat

    Beberapa anak mungkin menjadi pilih-pilih kuliner alasannya yakni terbiasa dengan kudapan instan yang tersedia dan pastinya kudapan instan itu tidak sehat. Untuk itu Ibu sanggup menyediakan sajian kudapan sehat di rumah untuk mengganti kudapan kurang sehat yang dibeli Si Kecil di luar rumah. Ibu sanggup menciptakan buah-buahan kering, kue, puding buah, dan sajian kudapan sehat lainnya.

  6. Sekali – kali ajaklah anak Anda untuk ikut memasak bersama Anda

    Sebuah studi menyebutkan bahwa anak-nak yang dilibatkan dalam penyajian kuliner di dapur, menjadi lebih antusias ketika menikmati kuliner tersebut. Ibu sanggup melibatkan Si Kecil ketika membeli materi masakan dan menyiapkan kuliner di dapur.

Oleh : Run Away
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/cara-mencegah-anak-agar-tidak-pilih-pilih-makanan-picky-eating/
2. https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/10-cara-mengatasi-jika-anak-suka-pilih-pilih-makanan/

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/little-boy-kid-child-big-eyes-102283/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/child-kids-children-food-eating-1566470/
Gambar 3. https://pixabay.com/en/berry-black-blackberry-blueberry-1238249/
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/