Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia!! Penyebab Ac Kendaraan Beroda Empat Tidak Cuek Dan Cara Memperbaikinya


Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

dingin plus duduk di tempat yang sejuk juga Ini Dia!! Penyebab AC Mobil Tidak Dingin  Dan Cara Memperbaikinya
Ini komponen AC Mobil
Lagi panas terik kaya gini, enaknya minum yang dingin-dingin plus duduk di tempat yang sejuk juga. Tapi kalo udh punya kendaraan beroda empat lagi panas kaya gini enaknya nyalain Mobil, hidupin ac nya, tapi ko ac nya ga masbodoh ya, bahkan malah anget. Kenapa ya, mungkin hal ini pernah di alami oleh kamu. Masalah Ac kendaraan beroda empat tidak masbodoh sama sekali, berikut akan saya paparkan sejelas mungkin mengenai penyebab AC kendaraan beroda empat tidak masbodoh dan AC kurang dingin.

Apa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin ?

Sebelumnya, apakah kendaraan beroda empat kau sering servis ac atau tidak. Tidak usah setiap hari atau seminggu sekali, lakukanlah servis setiapa tiga bulan sekali atau 6 bulan sekali, ini bertujuan untuk merawat kondisi system AC biar tetap bekerja dengan optimal Sebelumnya, apakah kendaraan beroda empat kau sering servis ac atau tidak. Tidak usah setiap hari atau seminggu sekali, lakukanlah servis setiapa tiga bulan sekali atau 6 bulan sekali, ini bertujuan untuk merawat kondisi system AC biar tetap bekerja dengan optimal Mekanik servis kendaraan beroda empat itu layaknya seorang dokter yang sedamg menangani pasiennya yakni kendaraan beroda empat kamu, niscaya sering ada beberapa hal yang ditanyakan oleh dia, nah untuk menjawabnya, sebelum kau berangkat untuk servis AC kendaraan beroda empat milik kamu, kau harus mendiagnosis kendaraan beroda empat kau sendiri, apa sih yang kurang dari kendaraan beroda empat saya, yang sanggup di sampaikan keluhannya kepada mekanik. Disinilah kau perlu berguru perihal mendiagnosa kendaraan beroda empat kau khususnya AC, lantaran kita kini sedang membahas AC

Ealah Mau Servis Tapi Dompet Krisis

Ketika kau hendak mau servis, kebetulan punya uang paspasan, jangan hawatir kalau AC kendaraan beroda empat kau tida sanggup di rawat, kau sanggup melakukannya sendiri dirumah, dengan peralatan seadannya, sebelum melanjutkan ke topik utama, kita berjalan sedikit demi sedikit dulu mengenai AC mobil, biar dalam mendiagnosa tidak melenceng.

Pemeriksaan Rutin

Jangan pribadi putus asa, kalau kau bukan mekanik ac eh ko malah di artikel ini di suruh ngecek rutin ac kendaraan beroda empat sendiri, jangan khawatir pengecekan rutin ini tidaklah sulit, sanggup di lakukan oleh kau ketika sedang santai, jadi baca TIPS dari saya dengan baik-baik.

  1. Selalu Cek Temperatur Ruang Kabin

    Ruang Kabin atau dalaman kendaraan beroda empat mempunyai suhu yang berbeda dengan keadaan diluar sanggup sangat masbodoh ataupun sangat panas, dibandingkan dengan suhu diluar ruangan. Bagaimana cara ngeceknya, kau cukup gunakan termometer untuk mengukur suhu, dengan menempelkan termometer pada kisi-kisi AC. Tapi kalau kau tidak punya termometer, gunakan lah indra peraba kamu, dekatkan kulit tangan kau ke kisi-kisi ac , ketika AC kendaraan beroda empat ON, rasakan suhunya, dingin, hangatkah, atau bahkan panas.

2. Atur kecepatan blower

    cek lah suhu paling masbodoh ketika blower di stel pada angka 1 2 dan seterusnya, switch AC harus pada posisi maksimal, biar suhu terendah sanggup kita dapatkan, ketika pengecekan. Untuk suhu ideal ac masbodoh ialah pada auhu 3°C hingga 8°C. Jika suhu ideal telah didapatkan maka secara otomatis kompresor ac akan memberhentikan sirkulasi freon atau sanggup di sebut cut of.

    Jika ketika kau melaksanakan pengecekan dan ternyata AC tetap saja tidak dingin, dan kompresor AC tetap berputar, ini menerangkan ada persoalan pada kerja AC. Ada banyak hal yang menimbulkan hal ini di antaranya adanya pembekuan pada sirip evaporator kendaraan beroda empat kamu. Apa maksudnya dan kenapa sanggup menimbulkan ac tidak dingin. Maksudnya ialah , adanya es, sanggup kita bilang es watu pada dinding evaporator sehingga udara yang di hembuskan oleh blower terhalang oleh es tersebut, sehingga udara atau hawa yang masbodoh tadi tidak hingga kedalam kabin mobil. Hal ibarat ini yang sanggup menimbulkan ac kendaraan beroda empat kau mengeluarkan embun. Ini sudah menerangkan bahwa AC kendaraan beroda empat kau perlu dan minta di servis.

    Ketika sedang dalam keadaan genting ibarat ketika sedang dalam perjalanan tiba-tiba evaporator nya mengalami pembekuan? Tenang saja jangn pribadi pakai AC alami, kau tetap sanggup memanfaatkan ac kendaraan beroda empat kamu, tapi kau harus menghilangkan es pada evaporator nya biar hawa masbodoh yang di sebarkan oleh blower sampe ke kabin mobil, caranya sangatlah gampang :

    1. Untuk mencairkan es pada evaporator, pertama kau harus mengubah saklar AC ke OFF dan saklar blower ke posisi maksimal. Ini akan menimbulkan es mencair lantaran blower mengembuskan udara hangat pada es, yang sanggup memungkinkan es mencair pada evaporator.

    2. Diamkan atau biarkan hal ini selama 3 samapai 5 menit

    3. Setelah sekiranya cukup nyalakan saklar AC pada posisi maks dan blower pada posisi 2 atau 1, kalau ac tetap masih tidak terasa dingin, ini tandanya ac kendaraan beroda empat kau harus si servis.

Agar kau sanggup menyimpulkan persoalan yang terjadi pada kendaraan beroda empat kamu, kau harus tahu cara kerja AC kendaraan beroda empat dengan lengkap, biar sebelum ac kendaraan beroda empat kau servis kau setidaknya sanggup memprediksi kerusakan, atau bahkan sanggup terhindar dari mekanik ac yang menipu dengan melebih-lebihkan persoalan yang ada pada ac mobilnya.

Berikut ini imaji jelaskan cara kerja ac kendaraan beroda empat beserta komponennya lengkap dengan gamabar.

Cara Kerja AC Mobil


    Apa itu AC dari tadi bicara AC tapi beleum tau kepanjangan nya, AC atau Air Conditioning merupakan perangkat aksesori pada kendaraan beroda empat yang berfungsi untuk mengkondisikan atau mengatur suhu kabin kendaraan dengan cara mengurangi tingkat kelembaban udara pada kabin kendaraan beroda empat dan menyerap panas yang terdapat pada kabin, untu di tukar menjadi suhu yang lebih dingin. Atau singkatnya menurunkan suhu  dan mengurangi kelembaban pada kabin.

    Tugas AC cukuplah berat lantaran itu di bantu oleh komponen lainya, dan sebagai jantung utama AC yaitu Kompresor. Kompresor ini tidak sanggup bergerak dengan sendirinya melainkan membutuhkan energi lain seperti, lantaran kita membicarakan kendaraan beroda empat maka, energi yang diharapkan kompresor ialah energi putar, yang didapatkan dari V belt yang meneruskan gerak putar poros engkol dengan medianya yaitu pully dan V Belt.

    Tentunya dengan adanya kompresor ini akan memberi beban aksesori pada mesin, sehingga harus bekerja lebih keras, yang menimbulkan konsumsi materi bakar lebih banyak dibandingkan tidak memakai AC, hal ini merupakan salah satu alasan kenapa banyak pengemudi kendaraan beroda empat yang rela mematikan ac, dan kepanasan demi biar materi bakar lebih hemat.

    Untuk lebih mudahnya, prinsip kerja ac itu terdiri dari empat proses yaitu kompresi, kondensasi, ekspansi, evaporasi. Dengan adanya empat prinsip ini yang tepat sanggup menimbulkan hawa sejuk pada kabin kendaraan kamu, kalau salah satunya tidak ada maka AC akan terasa Kurang masbodoh atau bahkan tidak masbodoh sama sekali. Agar lebih terperinci dengan 4 hal di atas mari kita pelajari satu persatu.

1. KOMPRESI

    Seperti halnya pada mesin kendaraan beroda empat pada langkah kompresi yaitu menekan udara biar molekulnya lebih padat. Pada sistem ac yang bekerja untuk menghasilkan kompresi ialah kompresor AC yang mempunyai kiprah mengalirkan freon biar tetap bersikulasi. Contoh lainnya ialah ketika kau memakai pompa ketika akan mengisi angin pada roda sepeda kamu, udara yang di hasilkan itu berkat dari hisapan dan pementingan atau kompresi oleh pompa, sehingga ujung pompa akan terasa panas, lantaran bergesekan dengan udara yang bertekanan. Pada sistem ac kompresor akan menghasilan freon yang bertekanan tinggi dan suhu yang panas yang nantinya akan didinginkan di kondensor.

2. KONDENSASI
   
    Kondensasi atau pengembunan ialah proses perubahan wujud menjadi lebih padat, ibarat gas atau uap menjadi cairan. Hal ini terjadi lantaran uap yang didinginkan menjadi cairan atau terjadi juga pada uap yang dikompresikan atau mempunyai tekanan menjadi cairan lantaran didinginkan. Kaprikornus pada kondensor freon akan berkembang menjadi cair dan mempunyai suhu rendah, sehabis sebelumnya bersuhu tinggi dan berbentuk gas.

3. EKSPANSI
   
    Pada ketika udara bertekanan tinggi di dalam wadah tertutup akan merubah zat menjadi cairan. Kemudian suhu yang tadinya panas kembali menjadi dingin. Untuk pada system ac katup perluasan berfungsi mengatur tekanan freon biar menjadi embun ketika mencapai evaporator, biar gampang menyerap panas.

4. EVAPORASI

    Evaporasi atau peresapan panas ialah proses yang terjadi ibarat pada ketika kita memperlihatkan alkohol pada kulit tangan kita, ketika cairan alkohol mencapai permukan kulit kau maka ia akan menyerap panas yang terdapat pada kulit,sehingga tangan kau akan terasa lebih masbodoh untuk sementara.

    Jika kau belum puas dengan klarifikasi tadi di atas, mari kita pelajari lagi perihal komponennya hal ini untuk mendukung analisa perihal penyebab ac tidak masbodoh pada mobil.

    Untuk komponen pada system ac pada kendaraan beroda empat mempunyai beberapa komponen diantaranya : kompresor, drayer, kondensor, ekspansion valve, dan evaporator

    Mereka mempunyai kiprah penting masing-masing kalau salah satunya tidak ada atau rusak ac pun akan terasa kurang masbodoh atau bahkan tidak masbodoh samasekali. Marikita pelajari satu persatu komponen ac kendaraan beroda empat dan bagaimana cara kerja ac mobil.

Cara Kerja Dan Komponen Ac Mobil


1. Kompresor
   
    Untuk kau yang belum tahu kompresor beginilah penampakannya, benda ini terletak pada area mesin dan digerakan oleh V Belt. Sudah kami jelaskan tadi di atas bahwa kompresor berfungsi untuk mengalirkan freon biar sistem ac tetap bekerja dan freon tetap bersikulasi. Saat switch ac dinyalakan maka kompresor akan menghisap freon dari evaporator dan menkompresikan atau mendorongnya menuju kondensor sehingga freon akan mempunyai suhu yang panas dan berbentuk gas.

    Dalam beberpa kasus komponen-komponen kompresor inilah yang seringkali rusak diantaranya :

    a. Magnetic Clutch

    Magnetic clutch atau kopling magnet berfungsi untuk memutus dan menyambungkan tenaga putar dari V Belt ke kompresor dengan memanfaatkan tenaga elektromagnetik . Ketika magnetik bekerja biasanya akan ada bunyi " cetek " ia akan mencengkram puly kompresor sehingga tenaga diteruskan dan kompresor bekerja. Frekuensi kompresor bekerja sesuai dengan suhu pada evaporator dan switch pemilihan suhu pada dasboard mobil, kalau switch di putar maksimal atau Cold maka kompresor akan mempunyai frekuensi bekerja lebih banyak.

    Ketika kompresor ac rusak maka freon tidak sanggup bersikulas sehingga sistem ac akan kehilangan fungsinya. Selain itu ketika magnetic clutch rusak maka akan merembet pada puley dan center piece yang sanggup merusak keduanya.

    Hal ini sanggup menimbulkan keduanya yakni puley dan center piece akan saling bergesekan dan menimbulkan keduanya mengalami keausan sehingga menimbulkan tekanan kompresi yang dihasilakn oleh piston kompresor berkurang sehingga kecepatan sirkulasi freon menjadi berkurang.

    Jika hal ini sudah terjadi maka akan menimbulkan bunyi bising " ngrok " ketika switch ac dinyalakan namun bunyi ini sanggup menerangkan gejalan lainya juga ibarat cylinder head pada kompresor yang sudah goyang atau oblak.

    b. Sikring Dan Relay

    Sikring atau feuse merupakan perangkat elektronik yang fungsinya untuk tetapkan arus pada rangkaian kelistrikan kalau terjadi korsleting atau arus pendek pada rangkaian. Tentunya kalau fuse putus dan relay rusak maka tidak akan ada arus yang mengalir pada magnetik clutch sehingga kompresor tidak sanggup mengsirkulasikan freon.
    Jika sirkulasi freon berhenti otomatis ac tidak akan masbodoh lantaran arus yang mengalir pada magnetik clutch terhenti.

    c. Seal O-Ring

    Terbuat dari karet yang berbentuk O yang gunanya untuk perapat antara persambungan-persambungan biar freon yang bersikulasi tidak bocor. Karena terbuat dari materi karet tentunya seal akan gampang sobek atau mengeras sihingga tidak ada cara lain untuk memperbaiki selain di ganti lantaran kalau o ring mengeras atau sobek, fungsinya akan hilang yang menimbulkan perapatan pada persambungan menjadi gampang bocor. Umumnya untuk penggantian lakukanlah ketika servis besar biasanya satu tahun sekali, jangan menunggu karet o ring rusak atau sobek.

   d. Oli Kompresor

    Oli kompresor berfungsi untuk melumasi piston dan komponen lain yang bergesekan pada sistem ac. Umumnya warna oli kompresor bening, kalau sudah berubah warna menjadi hitam kemungkinan sudah ada komponen yang terkikis. Ini di akibatkan kalau oli kompresor berkurang atau bahkan habis, yang akan menimbulkan kompresor mengalami  goresan yang berlebihan dan berdampak pada terkikisnya setiap komponen yang pada risikonya kompresor akan jebol.

    e. Freon

    Freon merupakan media pendingin pada system ac, freon yang dipakai pada kendaraan beroda empat tentunya berbeda dengan freon yang dipakai pada AC. Jenis freon yang dipakai pada AC ialah type R134@. Freon bersikulasi pada tempat yang tertutup sehingga mustahil akan berkurang terkecuali ada kebocoran pada setiap persambungkan bahkan pada area pipa atau selang yang keropos.

    Kaprikornus ketika jumlah freon berkurang jangn hanya menambah freon saja tapi perbaikilah terlebih dahulu area kebocorannya, gres sehabis itu isi ulang gas freon. ketika hendak dilakukan pengisian pastikanlah bahwa didalam akses freon tidak sanggup udara sehingga freon sanggup tertampung dengan maksimal, dengan cara mem-vacum. Ini bertujuang biar dalam sistem sikulasi freon, tidak terdapat udara diantaranya.

    Untuk merawat kompresor kita juga perlu mengganti drayer, tidak hanya freon saja yang diganti, tapi ketika filter drayer diganti maka otomatis gas freon dan oli secara otomatis akan berkurang, sehingga di butuhkan penambahan kembali. biasanya diganti setiap satu tahun sekali.

  2. Kondensor

Kondensor terletak di paling depan, jangn terbalik membandingkan antara kondensor dengan radiator. letak kondensor setelh gril depan, tepatnya dibagian depan radiator, kurang lebihnya ibarat pada gambar. 

    Fungsi dari kondensor ialah mengkondensasikan freon yakni mengubah dari bentuk gas dan bersuhu panas menjadi cair dan bersuhu rendah. Panas dari freon diserap oleh sirip-sirp kondensor biar di lepaskan ke atmosfer.

   Untuk beberapa tipe kipas kondensor dengan kipas radiator terpisah, nah kipas ini dugunakan unuk memngalirkan udara sehingga udara sanggup melalui sirip-sirip kondensor sehingga panas dari freon terserap. kalau kipas putarannya lemah bahkan mati maka AC akan terasa panas ataupun hangat. Kipas pada kondensor berputar ketika kompresor juga berkaitan dengan magnetic clut atau sanggup dibilang kipas kondensor atau kipas radiator berputar ketika kompresor " nyetek "

    3. Dryer

    Sebelum freon mencapai kondenser freon akan melewati dryer. Didalam dryer kelembaban atau air yang bersikulasi bersama freon akan di tampung sementara dan akan dihilangkan. Kelembaban yang terdapat pada sistem AC akan menimbulkan kerusakan ibarat korosi pada part-part yang terbuat dari besi. Kelembaban ini juga akan menjadi es yang akan menghalangi fatwa udara.

    Untuk lebih gampang dipahami dryer menyerap kotoran dan uap air yang disaring atau dipisahkan dengan freon memakai filter pada dryernya. Kalau filter didalam dryer sudah terpenuhi kotoran maka filter akan tersumbat dan air dan kotoran lainnya tidak tersaring dengan sempurna, oleh lantaran itu filter dryer harus diganti secara berkala.

    4. Katup Ekspansi

     Katup perluasan bertugas untuk meng-ekspansikan freon menjadi kabut sehingga gas menjadi sangat masbodoh sebelum gas freon memasuki evaporator. Jika katup perluasan tersumbat penyemprotan freon akan berkurang sehingga freon tidak tepat menjadi kabut sehingga sullit untuk menyerap panas ketika di evaporator.

    5. Evaporator

    Evaporator bentuknya hampir ibarat dengan kondensor namun sedikit lebih kecil dan tebal, letaknya didalam kabin tepat diatas kaki penumpang kepingan depan. fungsinya yaitu untuk menyerap hawa panas pada area kabin kemudian dengan derma blower, hawa masbodoh pada evaporator dialirkan ke semua area kabin melewati kisi-kisi ac pada dashboard. Hawa masbodoh ini juga dengan dibantu evaporator akan menyerap kelembaban udara sehingga embun akan hilang terutama pada ketika cuaca hujan. Embun yang ada di beling akan diserap oleh hawa masbodoh yang dialirkan evaporator.

   Kemudian kompresor kembali menghisap gas freoan dari evaporator dan kemudian disirkulasikan kembali, SIKLUS ini akan berlanjut terus menerus hingga ac di nonaktifkan

    TIPS LAIN SEPUTAR MASALAH AC MOBIL


1. Ada Bau Sampah Masuk Ke Dalam Mobil

    Ketika kau melewati tempat pembuangan sampah, kau mencium bau busuk sampah. Loh, ko bisa. Ini terjadi lantaran pada sebagian kendaraan beroda empat terdapat ventilasi untuk masuk dari udara luar. Kamu cukup mengubah swtict nya. Biasanya switch nya di geser. letaknya di dashboar. Perhatikan ikon gambarnya. Biasanya Didalam dashboard ada busa pada ventilasi, periksalah apa sudah sobek atau masih utuh, bila perlu tutup saja dengan memakai semisal bekas wadah radiator collent, biar udara dari luar tertutup dan tidak masuk ke kabin.

2. AC Moil Bau Sangit Saat RPM Tinggi

    Periksa lah lubang firewall, kemungkinan ada celah karet yang terbuka, adanya celah inilah yang meyebabkan udara masuk kedalam mobil, udara luar sanggup juga masuk lewat lubang-lubang clip pada body yang mempunyai celah lebar.

3. Blower Di Posisi 1 Atau Low, Blower Mati

    Blower posisi Low mati tapi posisi High hidup, Coba kau periksa resistor pada jalur AC, untuk posisi 1 2 hingga sebelum max semuanya memakai resistor atau tahanan, periksalah kemungkinan resistor putus

4. Kabin Banjir Air AC

    Pada evaporator box biasanya terdapat selang pembungan, untuk membuang air hasil dari evaporasi, kalau air tidak berhasil terbuang maka air akan menggenang dan menetes ke dalam karpet kabin. Jika kabin banjir maka akan menimbulkan kabin bau lembab dan sangat menggangu.

5. Penyebab Air Mobil Menetes Ke kabin

   Ini disebabkan lantaran Evaporator kotor sehingga menghasilkan lendir yang cukup kental sehingga semakin banyak lendir maka akan menetes pada selang dan menyumbat selang sehingga air dari hasil evaporasi tidak sanggup terbuang dengan baik. Kemungkinan lain selang tersumbat lantaran blower membawa kotoran dari ventilasi luar sehingga menyumbat selang.

6. Cara Mengatasi

    Khusus keadaan darurat saja, kalau kau sempat bawalah kendaraan beroda empat kau ke bengkel biar ditangani oleh ahlinya. Namun kalau darurat gunakanlah kawat atau sumpit, atau apa saja untuk mendorong kotoran yang menyumbat pada selang, tapi hati-hati jangan hingga merusak evaporator

7. Bunyi " Cess" Saat AC ON

    Ini disebabkan oleh katup perluasan yang sudah ngempos atau sanggup juga lantaran kekurangan freon dikarenakan ada kebocoran pada sistem ac.

Tapi kalau kau ragu-ragu menangani persoalan pada AC kendaraan beroda empat kamu, segeralah dibawa kebengkel jangan hingga kerusakan bertambah parah. Pastikan juga biar AC selalu di servis secara rutin di bengkel resmi yang sudah terjamin kulitas dan keprofesionalan teknisi nya. Jika ada yang resah silahkan bertanya di kolom komentar dengan jelas.