Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Remote Mikrotik Dengan Winbox Di Gns3

Cara Remote Mikrotik dengan Winbox di GNS Cara Remote Mikrotik dengan Winbox di GNS3

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas wacana cara meremote mikrotik di GNS3 memakai winbox. Agar mikrotik sanggup diremote, kita perlu menghubungkan router mikrotik (yang ada di GNS3) dengan WinBox (yang terinstal di komputer/laptop kita). 

Bagi teman-teman yang gres mencar ilmu memakai GNS3 mungkin mengalami sedikit kebingungan untuk mengkoneksikan mikrotik dengan winbox. Karena kalau mikrotik tidak sanggup terhubung ke winbox, mau tidak mau kita harus melaksanakan konfigurasi mikrotik memakai terminal dan berbasis command line. Tentunya hal tersebut akan semakin menambah kepusingan teman-teman yang gres saja ingin mencar ilmu mikrotik.

Sebenarnya untuk menghubungkan mikrotik ke winbox di GNS3 tidak begitu sulit, apalagi kalau router mikrotiknya memakai mesin virtual Vmware atau Virtualbox. Namun kalau memakai Qemu memang akan sedikit lebih rumit untuk mengkoneksikan mikrotik dan winbox. 

Hal ini dikarenakan Vmware dan virtualbox menyediakan adapter jaringan bawaan yang otomatis terinstal di komputer ketika kita menginstal kedua aplikasi tersebut. Sedangkan pada qemu tidak menyediakan adapter yang sanggup dipakai untuk menghubungkan mikrotik ke winbox. 

Oleh alasannya ialah itu untuk mengkoneksikan mikrotik yang memakai qemu, kita perlu memakai adapter loopback. Adapter ini harus diinstal secara manual di komputer/laptop kita. Kalau kau belum tahu cara menginstalnya, silahkan lihat postingan sebelumnya wacana cara menginstal adapter loopback.

Sekarang kita akan mempraktikan bagaimana menghubungkan router mikrotik ke winbox sehingga kita sanggup meremote mikrotik tersebut dengan winbox. Hal yang perlu dipersiapkan ialah :
  1. Aplikasi GNS3, ini sudah niscaya alasannya ialah topik pembicaraan kita ialah mengkoneksikan mikrotik dengan winbox pada aplikasi GNS3.
  2. VM router mikrotik, di sini memakai mikrotik chr yang diinstal pada emulator qemu.
  3. Cloud, berfungsi sebagai penghubung antara interface mikrotik di GNS3 dengan interface loopback pada komputer kita.

Langsung saja, kita buat topologi sederhananya. Yakni dengan satu buah router mikrotik dan satu buah cloud.


Cloud sanggup kau temukan pada simbol komputer/monitor yang terletak pada sajian samping kiri. Jika kau belum mempunyai VM Mikrotik yang memakai qemu,  kau sanggup menambahkannya terlebih dahulu. Cara menambahkan mikrotik dengan qemu pada GNS3 sanggup kau lihat pada postingan sebelumnya.

Selanjutnya kita pindah ke luar aplikasi GNS3. Yakni masuk ke Network Connection pada Windows. 


Pastikan bahwa sudah terdapat interface loopback (Microsoft KM-TEST Loopback Adapter). Jika belum silahkan instal terlebih dahulu.

Kita akan mengkonfigurasi interface loopback tersebut. Klik kanan kemudian pilih Properties.


Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), kemudian pilih Properties.


Konfigurasikan ip address pada interface tersebut. IP address ini akan dipakai untuk membentuk jaringan lokal biar mikrotik yang ada di GNS3 sanggup terhubung dengan host komputer kita yang asli. 


Contoh di sini, ip address yang dipakai pada loopback adapter ialah 100.100.100.253 dengan subnetmask 255.255.255.0 atau dalam notasi prefiks ditulis dengan /24

Selanjutnya kita masuk lagi ke dalam aplikasi GNS3 pada topologi yang sudah kita buat tadi. Jalankan router mikrotik dengan cara klik kanan router kemudian pilih start. Tunggu beberapa ketika biar router menuntaskan proses bootingnya.

Kemudian buka terminal mikrotik dengan cara klik kanan pada router kemudian pilih console. Login memakai akun default mikrotik yakni username : admin dan password : (kosong).

Kita cek dahulu daftar interface yang ada pada router mikrotik. 
[admin@MikroTik] > interface print Flags: D - dynamic, X - disabled, R - running, S - slave  #     NAME                                TYPE       ACTUAL-MTU L2MTU  0  R  ether1                              ether            1500  1  R  ether2                              ether            1500  2  R  ether3                              ether            1500 [admin@MikroTik] > 

Jumlah interface sanggup kita atur pada pengaturan VMs Qemu. Di sini interface yang dipakai oleh router sebanyak tiga buah.

Kemudian tentukan interface mana yang akan dipakai untuk meremote mikrotik dengan winbox. Misal interface ketiga (ether3). Lalu konfigurasikan ip address pada interface ether3. Ingat! ip addressnya satu jaringan dengan ip address pada interface loopback komputer. 
[admin@MikroTik] > ip address add address=100.100.100.254/24 interface=ether3 

Misalnya ip address yang akan dipakai ialah 100.100.100.254/24. IP address ini ialah ip yang akan dipakai untuk meremote mikrotik memakai winbox.

Selanjutnya cek konfigurasi pada Cloud. Klik kanan cloud kemudian pilih configure.

Pastikan bahwa interface loopback sudah ada pada cloud. (Lihat kembali pada bab network connection untuk mencocokan nama interfacenya). Jika belum ada maka perlu ditambahkan terlebih dahulu.


Kemudian hubungkan router mikrotik dan cloud. Pilih interface Ethernet2 (ether3) pada mikrotik, kemudian sambungkan ke interface Ethernet 3 (interface loopback) pada cloud.
interface pada mikrotik
interface pada cloud

Pastikan bahwa link antara kedua perangkat berwarna hijau.

Sekarang kita cek apakah interface ether3 sudah terhubung dengan interface loopback dengan melaksanakan ping ke ip address loopback adapter (100.100.100.253).


Jika ping berhasil, selanjutnya kita buka aplikasi winbox. Kemudian isikan ip address mikrotik pada bab Connect To dan isikan username serta password mikrotik. Klik Connect.


Maka akan muncul jendela konfigurasi winbox.


Selamat! Mikrotik sudah sanggup diakses memakai winbox. Sekarang kau sanggup lebih leluasa untuk melaksanakan konfigurasi.

Sekian tutorial kali ini. Semoga postingan ini sanggup membantu kau yang mengalami kesulitan untuk meremote mikrotik di GNS3 memakai winbox.

Sumber https://dhantama.blogspot.com/