Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Komputer

Sejarah perkembangan komputer pada awalnnya ditemukan oleh seorang ilmuan yang berjulukan Charles Babbage yang berhasil membuat sebuah mesin yang diberikan nama Difference and Analitycal Engine. Mesin ini berfungsi untuk menghitung angka. Sejak dikala itu banyak dilakukan banyak sekali penelitian untuk membuat mesin hitung yang lebih cepat dan praktis.

1. Komputer Generasi Pertama (1944-1956).
Ciri khas komputer generasi pertama ialah tabung hampa udaranya. Tabung hampa udara diciptakan pada awalnya sebagai penguat sinyal. Bahan baku tabung ini ialah beling sehungga gampang pecah.

Komputer elektronik pertama didunia ialah ENIAC yang simpulan dibentuk pada tahun 1946. terdapat 18.800 tabung hampa udara yang membuat berat komputer ini mencapai 30 ton, panjang 30 meter dan tinggi 2,4 meter. Membutuhkan daya listrik 174 kilowacth.

Criri-ciri komputer generasi pertama:
Komponen yang dipakai ialah tabung hampa udara.
Program hanya sanggup dibentuk dengan bahasa mesin (Assembler).
Ukuran fisik komputer besar.
Cepat panas.
Prosesnya kurang cepat.
Kapasitas penyimpanan kecil.
Memerlukan daya listrik yang besar.
Orientasi pada aplikasi bisnis.

2. Komputer Generasi Kedua (1960 - 1964).
Ciri dari komputer generasi kedua ialah transistornya. Transistor merupakan abreviasi dari transfer resistor yang berarti dengan menghipnotis daya tahan antara dua dari 3 lapisan, maka daya pada resistor di lapisan berikutnya sanggup dipengaruhi. Dengan definisi tersebut sanggup disimpulkan bahwa Transistor berfungsi sebagai penguat sinyal.

IBM memperkenalkan komputer komersialnya pada tahun 1960-an. Komputer ini memanfaatkan transistor. Komputer IBM ini adalaH IBM-7090 yang diperjualkan secara uar di Amerika.  Komputer ini dirancang untuk menuntaskan segala macam pekerjaan ilmial maupun komersial. Komputer IBM-7090 sangat cepat oleh alasannya ialah itu komputer ini sangat terkenal di zamannya.

Ciri-ciri komputer generasi kedua:
Sirkuit berupa transistor.
Program sanggup dibentuk dengan bahasa pemograman tingkat tinggi.
Kapasitas memory utama sudah cukup besar.
Ukuran fisik komputer lebih kecil.
Membutuhkan sedikit daya listrik.
Berorientasi pada bisnis dan teknik.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1975).
Di komputer generasi ketiga, beberapa transistor digabungkan sehingga menjadi sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga

Komputer yang dipakai untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang mempunyai 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:
Komponen yang dipakai ialah IC.
Peningkatan dari softwarenya.
Proses lebih cepat.
Kapasitas memory lebih besar.
Penggunaan listrik lebih hemat.
Bentuk fisik lebih kecil.
Harga semakin murah.

4. Komputer Generasi Keempat (1975 - sekarang)
Ciri dari komputer ini ialah mempunyai microprosesor yang merupakan adonan dari ribuan IC kedalam sebuah chip. Bentuknya semakin kecil yang membuat komputer generasi ketiga harganya murah. Microposesor merupakan awal kelahiran komputer personal. 

Contoh generasi ini ialah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 memakai 64Kb RAM standard. Komputer Apple II-e yang memakai processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang dipakai adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat terkenal pada awal tahun 80-an.






Sumber http://now-smart.blogspot.com/