Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendidik Anak Menjadi Pencinta Lingkungan

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/mendidik-anak-menjadi-pencinta-lingkungan

Lingkungan yaitu kombinasi antara kondisi fisik yang meliputi keadaan sumber daya alam menyerupai tanah, air, energi surya, mineral, serta tumbuhan dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan insan menyerupai keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.


Gambar 1. pohon

Isu mengenai global warming, ilegal logging, dsb. yang semakin meresahkan menciptakan kita mau tidak mau harus mulai peduli dengan lingkungan dan bumi yang kita tempati ketika ini. Salah satu bukti kepedulian kita terhadap lingkungan sanggup dilakukan dengan cara mendidik anak – anak kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menyayangi lingkungan. Semakin dini menanamkan semangat cinta lingkungan pada anak maka semakin baik. Berikut beberapa hal yang sanggup dilakukan orangtua untuk menanamkan semangat cinta lingkungan pada anak.

  1. Mulai dari kebiasaan kecil.
    Kebiasaan kecil yang dimaksud yaitu melatih anak menyayangi lingkungan melalui acara – acara sederhana semisal membuang sampah pada tempatnya. Juga biasakan anak untuk membuang sampah yang tercecer di jalan ke daerah sampah. Setelah kebiasaan ini terealisasi dengan baik. Anda sanggup mengajarkan anak membuang sampah ke daerah sampah sesuai jenisnya. Misalnya, sampah daun – daunan dan kertas ke daerah sampah organik, serta sampah plastik ke daerah sampah anorganik, dsb.

  2. Berkreasi dengan barang bekas
    Memanfaatkan beberapa barang bekas dan sampah yang sanggup didaur ulang sanggup menjadi salah satu cara kreatif semoga putra-putri Anda tidak terlalu konsumtif membeli banyak sekali mainan atau barang-barang buatan pabrik. Selain sanggup menjadi alternatif daur ulang, kegiatan ini sanggup dilakukan seluruh keluarga yang menyenangkan.

    Anda niscaya masih ingat bagaimana menciptakan mobil-mobilan dari kulit jeruk Bali. Atau jika ingin barang yang tahan lama, Anda sanggup mengajak buah hati Anda menciptakan tas atau dompet dari pembungkus sabun basuh piting cair. Tanamkan pada diri anak Anda bahwa menggunakan materi kreatif daur ulang yaitu hal yang baik dan sanggup menyelamatkan lingkungan.

  3. Belajar menanam pohon
    Ajaklah anak berpartisipasi dalam program penanaman pohon massal. Berpartisipasi dengan program menanam pohon baik yang diadakan pemerintah maupun swasta menciptakan putra-putri Anda menyayangi pohon sebagai salah satu penopang kehidupan tentu harus Anda biasakan mulai mereka kecil. Selanjutnya, anda sanggup mengajak anak anda berkebun di halaman depan maupun belakang rumah. Ajaklah mereka menanam dan merawat tumbuhan hal ini bertujuan semoga anak semakin menyayangi tumbuhan. Jika halaman depan atau belakang rumah anda tidak terlalu besar anda sanggup menanam tumbuhan dengan pot maupun secara hidroponik.

Dengan mengajak anak menyayangi lingkungan semenjak dini kita sudah ikut menyumbangkan kehidupan di bumi tercinta ini.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi: http://indotopinfo.com/mengajar-anak-peduli-lingkungan.htm
Referensi gambar: https://pixabay.com/en/bavarian-forest-bank-hiking-rest-2519363/
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/