Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakter Kartun Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/karakter-kartun-sebagai-media-pembelajaran-untuk-anak

Film animasi atau kartun memang selalu menjadi favorit anak–anak bahkan tak jarang orang cukup umur pun yang masih menyukai kartun. Ceritanya yang ringan dan menghibur ialah alasan seseorang untuk menyukai kartun. Selain mempunyai sisi menghibur anda juga sanggup memakai abjad kartun sebagai media edukasi bagi anak–anak.


Gambar 1. Adit Sopo Jarwo

Bukan belakang layar lagi apa kalau ketika ini banyak media yang biasa dipakai untuk anak–anak disalahgunakan dengan cara memasukkan konten–konten yang tidak seharusnya diperlihatkan pada anak. Untuk itu kebijakan orangtua dalam menentukan konten kartun yang berkualitas sangat penting bagi si anak. Sehingga kartun tidak hanya mempunyai kegunaan sebagai media hiburan tetapi juga sarana edukasi. Berikut beberapa pertimbangkan yang mungkin harus di perhatikan dalam menentukan konten hiburan untuk anak–anak.

  1. Perhatikan batasan usia
    Di beberapa program televisi sering kali terdapat angka (contoh : 7+,13+, dsb) angka–angka tersebut menunjukkan batas minimal usia yang diperbolehkan menonton program tersebut.

  2. Nilai moral atau amanat yang sanggup diambil
    Agar anak sanggup berguru kapanpun, pilihlah kartun yang mempunyai sisi edukatif bagi si anak. Biarkan anak mengambil nilai–nilai konkret yang sanggup diambil dari tayangan. dan menirukannya dalam kehidupan sehari–hari. Nilai konkret itu diantaranya semangat atau kekompakkan dalam bekerja, permintaan untuk selalu membantu dan memperhatikan orang lain, permintaan untuk menghargai teman, permintaan untuk bersikap dewasa, dan nilai–nilai konkret lainnya.

  3. Jam tayang program tersebut
    Pastikan program tersebut mempunyai jam yang sesuai untuk anak. Maksudnya pilihlah program yang ditayangkan ketika anak sedang ada dalam waktu luang dalam artian waktu itu tidak akan mengganggu waktu tidur anak, waktu berguru anak, dan waktu–waktu lainnya.

Itulah poin–poin yang sanggup dijadikan pertimbangan anda. Berikut beberapa rekomendasi abjad kartun dari kami yang mungkin sanggup dijadikan pertimbangan.

  1. Adit Sopo Jarwo
    Animasi orisinil Indonesia ini memang mempunyai dongeng yang sanggup dibilang sederhana. Dengan, mengangkat tema kehidupan sehari–hari sudah cukup untuk menciptakan kartun ini lucu. Diceritakan tokoh Sopo dan Jarwo ialah sepasang sahabat yang kemanapun selalu bersama di setiap episode diceritakan tingkah–tingkah menggelitik dari kedua tokoh ini. Selain itu, tokoh Adit dan Dennis semakin menciptakan animasi ini kian menarik. Dalam animasi ini terdapat tokoh pak haji yang selalu memberikan pesan–pesan moral dalam setiap selesai episode.

  2. Upin & Ipin
    Dengan menganggkat dongeng acara sehari–hari sekumpulan anak kecil di suatu desa.Kartun ini memang banyak digemari oleh masyarakat utamanya anak–anak. Tak lupa pada setiap episode katun ini niscaya terselip nilai moral dan nilai budaya.

Selamat memilih.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://nginfoindroid.blogspot.com/search?q=29/pesan-kegelapan-walt-disney-spongebob-dan-naruto/
2. http://bicarabijak.blogspot.co.id/2013/06/kata-bijak-para-tokoh-kartun

Referensi gambar :
1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Adit_Sopo_Jarwo.jpg
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/