4 Kebiasaan Sepele Buat Kampas Kopling Cepat Habis
Halo sahabat otomotif, ketika kau sedang mengemudikan kendaraan beroda empat ternyata kendaraan beroda empat yang kau kendarai teras berat tarikannya, bahkan sama sekali ta bertenaga. Walapun gas sudah di injak mentok dan bunyi mesin mobilmu sedang meraung-raung dan ternyata tetap melaju dengan kecepatn yang rendah. Jangan menerka dulu kalau mesin kendaraan beroda empat kau yang bermasalah, ini merupakan suatu tanda-tanda yang terjadi jawaban kampas kopling yang aus.
Hati - hati loh sahabat, kalau hal ini di biarkan terus sanggup mengakibatkan banyak sekali macam masalah, menyerupai halnya boros dalam pemakaian materi bakar. Yang lebih parah lagi sanggup mengakibatkan kendaraan beroda empat MOGOK, kendaraan beroda empat tidap sanggup melaju walaupun mesin sudah hidup dan gigi transmisi sudah di masukan. Kok bisa begitu ya?
Sebelum melanjutkan ke topik, sobat harus tau dulu nih fungsinya kopling itu untuk apa. Kopling itu berfungsi sebagai penyambung dan pemutus putaran poros engkol pada mesin melalui flay whell sebelum di lanjutkan ke transmisi dan roda. Kenapa harus ada Kopling ?
Hal ini bertujuan alasannya dikala akan memindahkan gigi pada transmisi harus dalam keadaan tidak ada putaran pada transmisi. Jika tidak ada kopling sebagai pemutus dan penyambung gerak putar poros engkol ke transmisi, pengemudi harus mematiakan mesinnya ketika akan memindahkan gigi pada transmisi. Hal ini sanga tidak efisien sehingga di pasanglah Kopling di antara Flay Whell dan transmisi, bertujuan untuk tetapkan dan menghubungkan putaran mesin dikala akan dilakukan pengoperasian gigi pada transmiai manual.
Sekarang udah tahu kan, kenapa harus ada kopling pada mobil, selanjutnya mari kita ulas kenapa KAMPAS KOPLING CEPAT HABIS, kalau sobat sudah tahu penyebab kampas kopling cepat habis, sobat bisa melaksanakan pencegahan dengan tidak melaksanakan hal-hal yang akan saya terangkan berikut ini.
1. Kebias Kebiasaan aan Kaki Di Atas Pedal Kopling
Hal ini biasanya tanpa sadar sering dilakukan oleh pengemudi. Saat kendaraan sudah melaju biasanya kakai sebelah kiri akan di sandarkan ke pedal kopling, hal ini berdasarkan driver pemula terasa nyaman, dan tidak perlu bolak - balik ketika akan menginjak pedal kopling. Hal ini justru akan mengakibatkan kampas kopling cepat aus, di karenakan kampas kopling menjadi mempunyai bidak gesek yang sedikit atau tidak gigit pada flay whell, sehingga kampas kopling lekas habis.
2. Setengah Kopling
Hal ini paling sering dilakukan oleh pengemudi, kebanyakan melaksanakan setengah kopling yang mengakibatkan kopling cepat aus, biasanya hal ini di lakuakan oleh orang yang sedang berguru mengendarai kendaraan beroda empat atau pada dikala di jalan yang macet. Setengah kopling ini bisa mengakibatkan kopling lekas aus, alasannya terus bergesekan dengan flay whell dan pressure plate. Hindari setengah kopling, kalau ingin menginjak kopling injak lah, jangan setengah-setengah, kalau ingin melepas, lepas lah dengan segera tapi lembut.
3. Gas Galak
Apa itu gas galak? Gas galak itu ketika pada dikala gigi 1 kita sering meng geber mobil, ini juga akan mengakibatkan kopling cepat habia, dan harus dihindari oleh sobat semua.
4. Cek lah Gerak Bebas Pedal Kopling
Sobat semua harus sensitif pada pedal kopling dan harus mengecek gerak bebas pedal kopling. Ini bertujuan biar kopling selalu ter cek. Jika pedal kopling gerak bebasnya semakin sedikit, atau kopling semakin tinggi ( kalau pedal kopling di lepas kendaraan belum jalan, walaupun kopling sudah di lepas setengahnya ) hal ini akan mengakibatkan kampas kopling lekas habis. Karena secara otomatis kalau tidak ada freeplay pada pedal kopling, secara tidak pribadi kopling terus tertekan setengahnya oleh pedal kopling.
Nah itu ia penyebab kampas kopling cepat habis, sesudah sobat tahu penyebab-penyebab nya sabiknya segera tinggalkan hal-hal yang di sebutka di atas tadi, kalau kopling sobat audah habia segera menuju bengkel resmi terdekat, untuk mendapat penanganan yang terjamin.
Selanjutnya sesudah sobat tahu hal-hal yang mengakibatkan kopling cepat habis, kini kita pelajari bagaimana ciri-ciri kopling sudah waktunya dilakukan penggantian.
1. Tenaga Mesin Hilang
Seperti yang di jelaskan tadi di atas, ketika sobat sedang mengendarai mobil, kemudian pada dikala pedal di gas, yang biasanya dikala kendaraan beroda empat sobat di gas segitu ( posiai gigi dan injak gas sama menyerupai biasanya ) kendaraan beroda empat sobat malah tidak mau melaju dengan kecdpatan yang di inginkan, dan mesing malah meraung-raung, ini bisa menunjukan bahwa koling sudah semakin tipis. Hal ini di karenakan dikala kopling sudah mulai aus, kampas koling tidak bisa lagi mencekram flay whell dengan herat sehingga sebagian tenagamesin tidak tersalurkan ke transmisi, yang mengakibatkan kendaraan beroda empat kehilangam tenaga, dan berakibat boros materi bakar.
2. Fereeplay play kopling semakin besar
Jika freeplay kopling semakin besar, atau gerak bebbas pedal kopling semakin besar ini menunjuka kopling sudah aus dan harus di ganti, ini di karenakan dikala kampas kopling aus, permukaan kampas kopling semakin tipis sehingga kampas kopling dengan flaywhell jarangnya semakin renggang dan mengakibatkan freeplay pedal kopling semakin besar atau kalau pedal di injak dengan pelan gerak bebasnya semakin dalam, maka itu menunjukan kampas kopling sobat sudah semakin menipis.
Sekarang sobat sudah tau kan ciri-ciri kopling harus di ganti, kalau menemui tanda-tanda di atas segera pergi ke bengkel resmi terdekat, biar ada tindak lanjut yang profesional dan terencana. Agar kendaraan sobat kondusif dan nyaman.
Sekarang sobat sudah tau kan ciri-ciri kopling harus di ganti, kalau menemui tanda-tanda di atas segera pergi ke bengkel resmi terdekat, biar ada tindak lanjut yang profesional dan terencana. Agar kendaraan sobat kondusif dan nyaman.
Itu sedikit tips dari saya kalau sobat semua punya tips lagi mengenai kopling bisa di tuliskan di kolom komentar, semoga bermanfaat. Jadilah pengendara yang peduli kepada pemgguna jalan lainnya ok. Salam otomotif.