Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sempurna Menentukan Paud Untuk Sang Buah Hati

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-tepat-memilih-paud-untuk-sang-buah-hati

Pendidikan anak usia dini (PAUD) ialah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pelatihan yang ditujukan bagi anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui tunjangan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani semoga anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, non formal, dan informal.


Gambar 1. Kumpulan anak - anak

Kegiatan-kegiatan di PAUD juga menanamkan kejujuran, disiplin, dan aneka macam hal faktual lain. Anak yang sebelumnya mendapat pendidikan di PAUD seringkali mempunyai kemampuan untuk komunikasi lebih baik ketika sekolah. Hal ini dikarenakan ia sudah terbiasa untuk bermain, belajar, hingga makan bersama dengan teman yang mempunyai usia sebaya.


Gambar 2. balita

Mendidik anak sedini mungkin menjadi perhatian orangtua cerdik balig cukup akal ini oleh sebab mendidik anak di usia dini merupakan hal yang penting. Untuk itu orangtua juga harus memperhatikan PAUD yang sempurna bagi sang buah hati. Berikut 5 tips menentukan PAUD yang sempurna bagi anak.

1. Pastikan anda telah melaksanakan riset ke PAUD terkait

Jangan terburu – buru! Luangkan waktu anda untuk mencari tahu perihal PAUD yang Anda jadikan ‘nominasi’. Saat ini sudah banyak PAUD yang mempunyai blog, situs daring atau media umum untuk mempromosikan sekolah mereka. Jika anda mempunyai waktu senggang tidak ada salahnya anda mengunjungi PAUD untuk mencari info yang lebih detail. Ada juga aneka macam lembaga di internet daerah para orang renta saling menyebarkan dongeng perihal sekolah yang bisa Anda manfaatkan. Anda pun sanggup berbincang secara daring dengan orang renta yang sudah menyekolahkan anak mereka di sana. Proses ini memakan waktu yang cukup lama, jadi harap bersabar!.

2. Pilihlah PAUD yang sudah mempunyai izin

Pilih PAUD yang mempunyai izin perjuangan baik dari pemerintah ataupun swasta. Hal ini sangat penting demi keamanan Anak. Karena banyak sekali PAUD yang belum mempunyai tubuh aturan sehingga kalau terjadi yang tidak diinginkan dengan Anak, Anda akan sangat sulit memprosesnya. Sebagai informasi, ketika ini di Jakarta khususnya ada sekitar 2.500 PAUD yang tidak terdata dan mempunyai izin. Hati-hati ya, Moms!

3. Memiliki Kurikulum dan Metode Pengajaran yang Sesuai Usia Anak


Gambar 3. menggambar

Sebagian orang renta oke bahwa kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) perlu diajarkan di PAUD, sementara sebagian orang renta tidak. Masing-masing mempunyai latar belakang dan alasan tersendiri. Maka dari itu,pilihlah sekolah yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak. Karena PAUD yang baik ialah yang sanggup memahami tumbuh kembang anak di setiap usianya dan menghargai bahwa setiap anak mempunyai kecerdasannya masing – masing.

4. Pengajar yang berkualitas

Pilih PAUD yang sanggup mengajar anak serta mengatakan pendampingan anak dengan maksimal. Amati bagaimana para pengajar di sana berinteraksi dengan bawah umur yang dididiknya. Apakah tampak cukup ramah dan santun ketika berbicara dengan anak, mau menghargai dan mendengarkan pendapat anak, tampak alternatif atau apakah tampak berjarak? Lihat juga bagaimana reaksi bawah umur yang telah bersekolah di sana. Apakah mereka tampak bahagia, sehat dan nyaman? Dekat dan akrabkah mereka dengan guru-gurunya? Hal ini penting mengingat keamanan dan kenyamanan anak dipertaruhkan.

5. Fasilitas Belajar dan Bermain


Gambar 4. Anak bermain

Pastikan PAUD mempunyai sarana bermain dan berguru yang memadai. Alat-alat penunjang berguru berperan penting sebagai sarana eksplorasi anak. Area bermain yang kondusif dan sesuai untuk balita, ruang kelas dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, bangunan yang cukup untuk menampung jumlah murid, hingga toilet yang bersih.

Bagaimana sudah tahu di mana PAUD yang sempurna untuk anak anda? Semoga tips – tips di atas sanggup membantu.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/alasan-si-kecil-perlu-mendapatkan-pendidikan-anak-usia-dini
2. https://health.detik.com/read/2013/05/21/182853/2252243/1301/ini-alasan-mengapa-paud-penting-bagi-perkembangan-anak
3. http://www.alodokter.com/11-langkah-menemukan-paud-yang-tepat-untuk-buah-hati

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/kindergarten-clown-garden-animator-2204239/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/nature-nice-grass-child-toddler-3089901/
Gambar 3. https://pixabay.com/en/kids-kid-child-children-elementary-2985782/
Gambar 4. https://pixabay.com/en/boy-kids-toy-fun-childrem-chid-2549313/
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/