Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

No Gadget,4 Pilihan Mainan Edukatif Bagi Balita

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/no-gadget-4-pilihan-mainan-edukatif-bagi-balita

Balita atau anak - anak memang tidak pernah jauh dari yang namanya mainan. Saat ini ada aneka macam mainan yang beredar di pasaran. Mainan yang variatif diharapkan balita untuk merangsang tumbuh kembangnya. untuk itu para orangtua hendaknya cermat dalam menentukan mainan untuk sang buah hati. Mainan yang dipilih haruslah mempunyai manfaat bagi si kecil.


Gambar 1. balita

Mainan menjadi solusi bagi orangtua dalam menyebarkan panca indera anak semenjak dini. Melalui permainan, anak dirangsang untuk mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal baru. Anda sanggup memperkenalkan mainan pada anak semenjak lahir.

Spesialis Anak dr Markus Danusantoso SpA dari RSIA Bunda Jakarta mengatakan, mainan sanggup membantu meningkatkan fungsi panca indera, tahapan perkembangan, mental dan emosional. Tak ada salahnya semenjak kecil berikan mainan sesuai usianya. "Dengan memperlihatkan mainan kita sanggup mengenalkan bentuk, warna, goresan pena hingga mengenalkan lingkungan kepada anak," ujar dr Markus.

Beliau juga merekomendasikan banyak jenis mainan yang paling sering diharapkan oleh belum dewasa semenjak bayi. Orangtua tak perlu khawatir dan boros membeli aneka jenis mainan yang justru nantinya tidak berguna. Berikut kami merangkum 4 mainan yang akan mempunyai kegunaan bagi buah hati.

1. Stacking
Permainan ini punya banyak manfaat edukatif bagi si kecil. Permainan ini membantu si kecil dalam mengenal warna, bentuk. Permainan ini mengajarkan si kecil dalam menyusun mainan sesuai tempatnya, serta mengenalkan tinggi dan rendah dan beberapa manfaat lainnya. Ada beberapa jenis mainan stacking yang dijual di pasaran antara lain stacking cup, stacking ring, stacking button dan masih banyak lagi.

2. Puzzle
Permainan puzzle dianjurkan untuk anak usia 9 bulan hingga satu tahun ke atas. Anak memang belum sanggup merangkainya langsung, tapi dari segi warna puzzle sanggup melatih visual. Untuk anak usia 1 tahun ke atas sanggup dianjarkan memainkan puzzle sederhana. Alangkah baiknya kalau anda mendampingi anak anda dalam merangkai puzzle. Sebelum membeli puzzle, Anda perlu memastikan bahwa materi yang dipakai kondusif dan carilah bentuk yang gampang dikenal anak ibarat buah, hewan, makanan, pakaian dan, sebagainya.


Gambar 2. puzzle

3. Permainan profesi
Anak balita juga sudah sanggup dikenalkan wacana permainan seputar profesi seseorang. Mainan ini sangat cocok untuk merangsang pandangan gres kreatifnya yang mungkin akan memacu talenta dan cita-citanya. Ada beberapa jenis mainan yang sanggup mengenalkan profesi. Paling disukai anak ialah dokter, guru, insinyur, pemadam kebakaran, montir, dan masih banyak yang lainnya.

4. Bermain alat musik
Sejak balita perkenalkan bermacam-macam jenis alat musik lewat mainan. Kalau ada mainan yang identik dengan bunyi-bunyian, niscaya si kecil tertarik. Kenalkan beberapa jenis alat musik yang niscaya disukai, ibarat drum, gitar, piano, microphone, hingga perkusi.


Gambar 3. Balita bermain musik

Itulah beberapa jenis mainan yang sanggup menjadi alternatif pilihan bagi anda dalam menentukan mainan yang mempunyai kegunaan serta bermanfaat bagi sang buah hati.

Oleh : nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://www.ibudanbalita.com/forum/diskusi/CONTOH-PERMAINAN-EDUKATIF-SESUAI-USIA
2. https://id.theasianparent.com/memilih-mainan-anak-1-tahun/

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/babe-smile-newborn-small-child-2972221/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/puzzle-jigsaw-jigsaw-puzzle-1487340/
Gambar 3. https://pixabay.com/en/violin-child-girl-music-instrument-1617972/
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/