Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Dan Metode Penggunaan Cylinder Bore Gauge | Otomotif



  Belajar Otomotif,Silinder bore gauge di gunakan untuk menentukan OS yang harus di lakukan,jadi fatal kesannya jikalau salah dalam memperhitungkan berapa besar OS yang harus di lakukan,Walaupun kesalahannya hanya 1 mm itu sangat fatal,jadi anda harus teliti dalam melaksanakan pengukuran.Jadi perhatikan langkah-langkah nya.


CYLINDER BORE GAUGE

Silinder bore gauge di gunakan untuk menentukan OS yang harus di lakukan Cara Dan Metode Penggunaan Cylinder Bore Gauge | otomotif
Konstruksi 

  Cylinder Bore gauge yakni alat untuk mengukur diameter silinder, dengan ketelitian hingga 0,01 mm.Berguna untuk alat perhiasan untuk over houle,alat ini untuk mengidentifikasi Keovalan,ketirusan,dan untuk menentukan besar-kecilnya pengeboran silinder.Sahabat otomotif penggunaan Cylinder bore gauge wajib di kuasai dikala kau lagi OH atau Ujian praktek,perhatikan langkah-langkah penggunaannya.


CARA PEMILIHAN REPLACEMENT ROD DAN WASHER
  1. Ukur diameter silinder dengan vernier caliper.
  2. Lihat angka di belakang koma, apakah lebih besar atau lebih kecil dari 0,5 mm.



Contoh :
• Bila hasil pengukuran = 52,30 mm    Maka anda menentukan :
Replacement rod     = 50 mm
• Replacement washer  =  2 mm

• Bila hasil pengukuran = 52,70 mm
    Maka pilih lah.     :
• Replacement rod.     = 50 mm
• Replacement washer.  = 3 mm

  METODA PENGUKURAN

Silinder bore gauge di gunakan untuk menentukan OS yang harus di lakukan Cara Dan Metode Penggunaan Cylinder Bore Gauge | otomotif


   1. Ukur diameter silinder dengan vernier caliper. Pilihlah replacement rod dan washer yang sesuai, dan pasangkan pada silinder gauge. Bila hasil pengukuran diameter yakni 91,00 mm, gunakan replacement rod 90 mm dan replacement washer 1 mm.

  2. Set micrometer pada 91 mm (seperti penjumlahan replacement rod dan replacement washer), masukkan replacement rod dan measuring point ke dalam micrometer, dan dial gauge diset ke “0” dengan memasukan silinder bore gauge ke micrometer.
  
Baca juga :
• Cara Dan Prosedur Tune Up EFI Lengkap

   • Tips cara cepat = Saya dapatkan cara ini waktu lomba Lomba Kompetensi Siswa di Nusawungu.Penyetelan angka '0' pada dial gauge sanggup di lakukan di dalam silinder,dengan memasukan silinder bore gauge ke dalam silinder dengan kedalaman ± 0,5 cm,karena kawasan bab atas ± 1 cm dari permukaan block silinder tidak bergesekan pribadi dengan piston sehingga ukurannya tidak berubah.

  3. Masukkan cylinder gauge pada posisi diagonal ke dalam silinder, gerakkan cylinder gauge hingga diperoleh hasil pembacaan terkecil. Bila hasil pembacaan yakni 0,08 mm sebelum “0”, berarti diameter silinder yakni 0,08 mm lebih besar dari 91 mm. Karena itu diameter silinder yakni 91,08 mm (91,00 + 0,08 mm).

  Pengukuran dilakukan pada 3 titik yaitu :
a. Titik Atas (TA) ,yaitu pengukuran dilakukan ± 1 cm di bawah permukaan blok silinder
b. Titik Tengah (TT) ,yaitu pengukuran di lakukan sempurna ditengah-tengah kedalaman silinder.
c. Titik Bawah (TB) ,yaitu pengukuran di lakukan di bab paling dasar silinder.

  Itulah bagai mana cara memakai silinder bore gauge,yang perlu anda ketahui sebelum melaksanakan Over Saize.Silahkan anda praktekan di sekolah tentunya dengan petunjuk dan bimbingan guru.Jika bermanfaat silahkan anda share artikel ini.