Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar


 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar

Cara Kerja Transmisi Manual
1. URAIAN
  Transmisi manual merupakan adonan roda-roda gigi yang memindahkan putaran dan momen crankshaft ke roda-roda penggerak. Sedangkan tujuan utama transmisi yaitu untuk memindahkan tenaga mesin sesuai dengan kondisi pengendaraan.

      1. SYARAT PENTING TRANSMISI
KONDISI YANG DIPERLUKAN
Transmisi desain tergantung pada type, kebutuhan-kebutuhan berikut :
kendaraan beroda empat yang berganti-ganti dalam harus melihat:

  1. Praktis untuk mengontrol dan menentukan perbandingan gigi yang diinginkan secara cepat.
  2. Dapat bekerja dengan cepat dan memindahkan  output mesin dengan lembut
  3. Efisiensi mekanis yang tinggi dan ekonomi
  4. Mempunyai kemampuan yang tinggi, bebas duduk kasus dan gampang dioperasikan.
   5. Praktis untuk perawatan 6. Kompak dan beratnya sedang.

  Transmsisi kendaraan beroda empat tidak hanya berfungsi untuk merubah perbandingan gigi dalam beberapa tahap
tetapi perbandingan gigi bisa berubah secara kontinyu dan secara otomati
 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar
  Kebutuhan ini dipenuhi oleh sebuah transmisi otomatis yang memanfaatkan planetary transmisi geardan torque converter. Dalam suatu masalah kendaraan beroda empat dengan memakai otomatis,hubungan antara kecepatan dan tenaga aktivis sanggup diwakili oleh kurva "A" menyerupai pada gambar, adanya output mesin yang konstan Dalam masalah di dalam masalah transmsisi manual konvensional kurva berbentuk parabola menyerupai "B" yang ditunjukkan pada gambar. Biasanya pada transmisi manual tidak memiliki banyak reduksi gigi kecepatan, sehingga tidak mudah alasannya yaitu area yang diarsir yang ditunjukkan pada gambar (dimana momen mesin tidak efektif digunakan) diperluas menjadi lebih besar Sebaliknya,bila sebuah transmisi manual dengan banyak reduksi gigi kecepatan, kurva akan menunjukkan kekerabatan antara kecepatan dan momen tenaga mendekati kurva dengan symbol aktivis hampir "A",
tetapi pembuatan transmisi akan lebih sulit dan cara pengoperasiannya lebih sulit.Oleh alasannya yaitu itu, jumlah reduksi gigi percepatan yang dipakai dalam transmisi manual harus dipertimbangkan dengan hati-hati, sehingga pencapaian jalan yang tepat sanggup dipelihara dengan tidak mengurangi nilai efesiensi mekanis.

  Semakin besar output mesin yang dipakai untuk menggerakkan kendaraan beroda empat dengan beratnya, semakin kecil jumlah reduksi gigi yang diperlukan. Transmisi untuk kendaraan beroda empat penumpang biasanya memiliki 3 hingga 4 gigi, sedangkan untuk truck memakai transmisi dengan 4 hingga 5 gigi. Sebagian transmisi dengan 5-speed memiliki over-drive gear dengan gear ratio kurang dari 1 terhadap 1 sehingga perpindahan pada gigi ini dimana mesin tidak diberikan beban berat, akan menciptakan propeller shaft berputar lebih cepat dari mesin.

      2. TIPE RODA GIGI TRANSMISI MANUAL
  Roda gigi transmisi manual sanggup digolongkan dalam beberapa tipe berdasarkan konstruksi dan prosedur kerjanya.


2. KONSTRUKSI DAN FUNGSI
1. PEMINDAH DAYA
Berikut yaitu pemindahan daya mesin pada transmisi manual MSG5K yang dipakai pada kendaraan Isuzu Panther.
Posisi Netral
 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar

Input shaft ke gear4 ke counter gear.
Perpindahan Roda Gigi ke 1
 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar

Input shaft Ke gear4 ke counter gear ke gear1 ke hub sleeve ke clutch hub ke output shaft.
Perpindahan Roda Gigi ke 2
 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar

Input shaft ke gear4 ke counter gear ke gear2 ke hub sleeve ke clutch hub ke output shaft.
Perpindahan Roda Gigi ke 3
 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar

Input shaft ke gear4 ke counter gear ke gear3 ke hub sleeve ke clutch hub ke output shaft.
Perpindahan Roda Gigi ke 4
 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar

Input shaft ke gear4 ke hub sleeve ke clutch hub ke output shaft.
Perpindahan Roda Gigi ke 5
 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar

Input shaft ke gear4 ke counter gear ke gear5 ke hub sleeve ke clutch hub ke output shaft.
Perpindahan Roda mundur

 Transmisi manual merupakan adonan roda Transmisi Manual, Syarat, Komponen Cara Kerja Lengkap Gambar

Input shaft ke gear4 ke counter gear ke idle gear ke reverse gear ke hub sleeve ke clutch hub ke output ke shaft.
  Di pertemuan selanjutnya kita akan mempelajari prosedur Syncromesh dan kawan-kawannya,jadi jangan lewatkan materinya.