Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Biar Anak Wanita Bahagia Mengenakan Pakaian Hijab

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-agar-anak-perempuan-senang-mengenakan-pakaian-hijab

Bagi orang renta pemeluk agama Islam yang mempunyai anak perempuan, sangat penting mengenalkan pakaian hijab atau pakaian yang menutup aurat. Sebabnya, bagi seorang muslimah yang berusia balig, mengenakan hijab atau pakaian yang menutup aurat sebetulnya menjadi kewajiban. Nah, terkait pendidikan anak, jikalau ia bahagia mengenakan pakaian hijab dikala usia dini, tentunya secara psikologis akan terus mengenakannya dikala usia dewasa. Lalu, bagaimana semoga ia bahagia mengenakan pakaian hijab dikala usia dini? Berikut beberapa tips semoga anak perempuan kita bahagia mengenakan pakaian hijab


Gambar 1. Pakaian Hijab

Ceritakan Hal-Hal Positif
Tips pertama yaitu ceritakan hal-hal konkret wacana pakaian hijab. Ada banyak hal konkret yang sanggup kita ceritakan kepada anak perempuan kita wacana segala keistimewaan pakaian hijab. Misalnya, menceritakan mengenakan pakaian hijab akan mendapat banyak pahala. Dapat juga menceritakan bahwa pakaian hijab akan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari sehingga kulit akan tampak selalu mulus bersinar.

Ceritakan Pakaian Hijab Membuat Seorang Wanita Lebih Menawan
Tips kedua yaitu ceritakan bahwa mengenakan pakaian hijab menciptakan seorang perempuan terlihat lebih menawan. Secara psikologis, seorang perempuan sampaumur memang selalu ingin terlihat manis menawan. Nah, dengan menanamkan mengenakan pakaian hijab menciptakan seorang perempuan terlihat lebih cantik, sang anak akan semakin bersemangat mengenakan pakaian hijab. Bahkan, sampai ia berusia dewasa. Jauhi juga anggapan bahwa mengenakan pakaian hijab menciptakan seorang perempuan kurang menarik di mata pria.

Tunjukkan Contoh Nyata
Tips ketiga yaitu berikan contoh. Sang anak cenderung menjiplak sikap orang-orang di sekitarnya. Bila seorang ibu ataupun saudara perempuannya mengenakan pakaian hijab begitu percaya diri, rasa percaya diri akan ‘menular’ kepada sang anak. Sang anak akan bersemangat mengenakan pakaian hijab dengan penuh rasa percaya diri dalam segala aktivitas. Sedangkan bagi seorang ayah, tunjukkan sikap yang islami.

Kumpul Bareng Bersama Teman-Temannya yang Juga Mengenakan Hijab
Tips keempat yaitu mengajaknya kumpul bareng bersama teman-teman perempuannya yang mengenakan pakaian hijab. Terkadang,, sang anak kurang merasa percaya diri mengenakan pakaian hijab, Nah, untuk mengatasinya, jikalau terdapat teman-temannya yang mengenakan pakaian hijab, ajaklah anak kita bergabung bersama mereka. Tak ada salahnya juga memprakarsai kegiatan untuk mereka. Misalnya, makan ataupun jalan-jalan bersama

Jelaskan Bahwa Mengenakan Hijab Adalah Perintah dan Kewajiban
Tips kelima yaitu ceritakan mengenakan Hijab ialah perintah. Bila sang anak menganggap mengenakan hijab sebagai perintah orang tua, tak tertutup kemungkinan anak perempuan tak akan mengenakan pakaian hijab dikala sang anak luput dari pengawasan kita. Dengan kata lain, mengenakan hijab alasannya ialah terpaksa. Bila sang anak menganggap mengenakan hijab merupakan perintah dan kewajiban, ia akan mengenakannya sepenuh hati. Padukan tips ini dengan menjelaskan keistimewaan-keistimewaan pakaian hijab.

Demikian, beberapa tips menanamkan semoga anak terbiasa mengenakan hijab dikala usia dini. Kesimpulannya, alasannya ialah mengenakannnya hijab menjadi kewajiban bagi seorang perempuan muslimah, sekali lagi tak ada salahnya kita menerapkan tips-tips tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://aboutislam.net/family-society/moms-dads/get-daughter-wear-hijab-12-steps/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2017/04/25/10/02/muslim-2259169_960_720.jpg
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/