Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-Hal Yang Diharapkan Seorang Anak Wanita Dari Seorang Ayah

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/hal-hal-yang-dibutuhkan-seorang-anak-perempuan-dari-seorang-ayah

Pada masa pendidikan anak, tugas orang renta memang begitu penting. Termasuk juga bagi seorang ayah yang mempunyai anak perempuan. Bila ditinjau dari sudut pandang psikologis, pada masa pendidikan anak, terdapat hal-hal yang sesungguhnya sangat diharapkan seorang anak perempuan dari ayahnya. Hal-hal tersebut sangat menunjang masa pendidikan seorang anak perempuan. Lalu, apa saja hal-hal tersebut?


Gambar 1. Apa Hal Penting yang Sebenarnya Dibutuhkan Anak Perempuan dari Ayahnya?

Ketangguhan dan Kekuatan Mental. Secara psikologis dan mental, perempuan memang lebih lemah dibandingkan pria. Nah, pada titik inilah, tugas penting seorang ayah bagi anak perempuan. Pada masa pendidikan anak, ia membutuhkan sosok idola yang tangguh dan kuat. Tak lain tak bukan, ialah ayahnya. semakin bersahabat anak perempuan dengan ayahnya, secara psikologis akan semakin membangun ketangguhan dan kekuatan mental di dalam jiwanya. Bila anak perempuan cenderung jauh dari ayahnya, tak tertutup kemungkinan anak perempuan.

Rasa Kasih Sayang. Anak perempuan pun sesungguhnya membutuhkan rasa kasih sayang dari ayahnya. Dengan menawarkan rasa kasih sayang kepadanya, sangat membantunya menghadapi masa pubertas. Pada masa tersebut, anak perempuan akan mulai menyukai lawan jenisnya. Anak perempuan pun biasanya mengalami stres dan tekanan pada masa tersebut. Nah, kalau anak mendapat rasa kasih sayang dari ayahnya dikala masa kecil, sangat membantu menghadapi masa-masa tersebut. Bila kurang mendapat rasa kasih sayang dikala usia kecil, tak tertutup kemungkinan ia akan ‘mengejar-ngejar’ sosok laki-laki idamannya. Tentu saja, sebagai pengganti rasa kasih sayang yang tak ia rasakan dikala usia dini.

Menanamkan Keberanian dan Rasa Percaya Diri. Seorang perempuan cenderung menilai dirinya sendiri ataupun orang lain menurut kecantikannya. Karenanya, perempuan akan merasa besar hati kalau seseorang menyebutnya mempunyai paras cantik. Padahal, untuk menjalani kehidupan sehari-hari, perlu juga mempunyai rasa keberanian dan rasa percaya. Pada titik inilah, tugas penting seorang ayah. Seorang ayah mesti menanamkan rasa percaya diri dan keberanian kepada anak perempuannya semenjak usia Bila seorang ayah terus memuji kecantikan anaknya, tak tertutup kemungkinan sang anak akan terus membangga-banggakan kecantikannya dan juga terus berias diri tanpa mempunyai rasa percaya dan keberanian.

Penghargaan. Seperti yang sudah disebutkan, seorang anak perempuan mesti mempunyai sosok idola ayah yang tangguh dan kuat. Selain anak perempuan membutuhkan rasa kasih sayang, sang anak pun sesungguhnya membutuhkan penghargaan dari ayahnya. Penghargaan ini akan semakin memperkuat motivasi di dalam dirinya. Misalnya, kalau sang anak berhasil mendapat peringkat pertama di kelasnya, kita berikan hadiah

Aktivitas Fisik. Ditinjau dari aspek fisik, laki-laki memang lebih berpengaruh dan tangguh dibandingkan wanita. Nah, biar fisik anak perempuan kita tumbuh lebih berpengaruh dan tangguh, sangat penting mengajarkannya biar menyukai acara fisik yang biasa dilakukan pria. Misalnya, olahraga lari, bersepeda, ilmu bela diri, dan sebagainya. Bila tak mengajarkannya acara fisik kepadanya semenjak usia dini, tak tertutup kemungkinan anak perempuan akan tumbuh menjadi seseorang yang gampang sakit. Tak tertutup kemungkinan juga, akan tumbuh menjadi seseorang yang bertubuh ‘gendut’.

Kejujuran dan Keterbukaan. Sebagai seorang ayah, kita pun mesti jujur dan terbuka kepada anak perempuan kita. Hal ini sangat membantu biar anak perempuan kita selalu bersikap jujur dan terbuka. Bila tak bersikap demikian, tak tertutup kemungkinan anak perempuan kita akan bahagia berbohong. Misalnya, kalau kita melaksanakan kesalahan, tak perlu menutup-nutupinya kepada anak. Kita jelaskan kesalahan kita kepada sang anak.

Demikian, beberapa hal yang sesungguhnya diharapkan seorang anak perempuan dari seorang ayah. Nah, sebagai seorang ayah yang mempunyai anak perempuan, sudahkah kita menawarkan hal-hal tersebut kepadanya?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.beliefnet.com/love-family/parenting/galleries/8-things-a-girl-needs-from-her-father.aspx

Sumber Gambar:
http://www.publicdomainpictures.net/pictures/180000/velka/father-daughter-seaside-painting.jpg
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/