Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyiapkan Anak Memasuki Kala Sekolah

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-menyiapkan-anak-memasuki-masa-sekolah

Saat sang anak pertama kali menginjak sekolah, sekolah menjadi hal gres baginya. Karenanya, sang anak belum begitu mengenal bagaimana menjalani kegiatan sekolah. Karenanya, kita sebagai orang bau tanah tak ada salahnya lebih mempersiapkan sang anak memasuki masa sekolah. Bila sang anak lebih siap memasuki masa sekolah, tentunya sangat membantu proses pendidikan untuknya. Berikut beberapa tips menyiapkan anak memasuki masa sekolah.


Gambar 1. Masa Sekolah Anak-Anak

Jelaskan Rutinitas Jadwal Sekolah. Untuk lebih membantu sang mengenal sekolah, dan juga biar anak lebih cepat beradaptasi, jelaskan rutinitas jadwal sekolah kepada anak. Misalnya, waktu masuk ataupun waktu pulang masuk sekolah. Ataupun, hal-hal apa saja yang mesti dilakukan ketika berada di dalam kelas,

Pahami Perasaan Sang Anak. Memasuki sekolah berarti memasuki lingkungan baru. Agar sang anak lebih siap memasuki masa sekolah, pahami perasaan sang anak. Bila sang anak merasa ‘minder’ ataupun malu, kita jelaskan tak perlu ‘minder’ ataupun malu”. Bila sang anak merasa senang, kita dukung biar lebih bersemangat bersekolah.

Kunjungi Sekolah Anak. Tak ada salahnya kita mengunjungi sekolah anak. Tak ada salahnya juga kita bertemu dengan para guru untuk bertanya wacana seluk beluk sekolah dan kegiatan pendidikan, Kita perhatikan apakah sekolah menjadi kawasan yang nyaman bagi sang anak untuk belajar. Bila sekolah menjadi kawasan yang kurang nyaman untuk belajar, sanggup mempertimbangkan menentukan sekolah lain. Dengan menerapkan hal ini, menyerupai menawarkan hal terbaik bagi anak kita.

Jelaskan Hal-Hal Menyenangkan dari Bersekolah. Sebagian anak memandang bersekolah menjadi kegiatan yang kurang menyenangkan. Nah, kalau anak kita demikian, jelaskan hal-hal menyenangkan dari bersekolah. Misalnya, akan mempunyai banyak teman. Dengan menjelaskan hal tersebut, tentunya menciptakan anak lebih bersemangat bersekolah.

Jelaskan Semua Anak pun Merasa Gugup Saat Pertama Kali Bersekolah. Umumnya, anak akan merasa gugup ketika pertama kali menginjak kelas sekolah. Bila anak kita demikian, tak tertutup kemungkinan, sang anak akan enggan ataupun takut memasuki ruangan kelas. Bahkan, tak tertutup kemungkinan, sang anak akan enggan bersekolah sama sekali. Nah, kalau anak kita demikian, jelaskan bahwa semua anak pun merasa gugup.

Apakah Ada Seorang Anak yang akan menjadi Teman Sekolahnya Sebelum Memasuki Masa Sekolah? Bila ada seorang anak yang akan menjadi sahabat sekolahnya, tak ada salahnya memperkenalkan anak kita dengannya. Dengan memperkenalkan anak kita dengannya sebelum menginjak masa sekolah untuk pertama kali, sang anak telah mendapat sahabat sebelum bersekolah pertama kali.

Bujuk Anak biar Pergi Bersama Teman-Temannya Ke Sekolah. Bersekolah tak hanya sekedar mendapat pendidikan formal saja. Tetapi juga, menjadi sarana bagi anak untuk bersosialisasi dengan sesamanya. Bila sang anak kurang bisa bersosialisasi, tak tertutup kemungkinan akan kurang nyaman ataupun bersemangat bersekolah. Nah, untuk membantu kemampuan bersosialisasi anak, kalau memungkinkan, bujuklah anak biar bersama bawah umur lainnya ke sekolah.

Bujuk Anak biar Mengikuti Aktivitas Ekstrakulikuler Sekolah. Nah, sebagai solusi simpel untuk membantu kemampuan bersosialisasi sang anak, kalau terdapat kegiatan ekstrakulikuler sekolah, bujuk biar mengikutinya. Misalnya, kegiatan ekstrakulikuler olahraga. Dengan rutin mengikutinya, sangat membantu sang anak untuk bersosialisasi dengan sesamanya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.parents.com/kids/education/kindergarten/prepare-your-child-for-school/

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b5/Playful_Schoolchildren_-_Science_City_-_Kolkata_2011-01-28_0295.JPG
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/