Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Supaya Anak Lebih Menghargai Uang

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/kiat-agar-anak-lebih-menghargai-uang

Salah satu hal penting dalam pendidikan anak adalah mendidiknya biar menghargai uang. Bila sang anak menghargai uang, ia akan lebih mensyukuri apa yang telah dimilikinya. Sebaliknya, jikalau sang anak kurang menghargai uang, ia biasanya cenderung akan terus meminta biar keinginannya terpenuhi. Ambil contoh, meskipun telah mempunyai mainan, ia akan terus meminta dibelikan mainan baru. Tak tertutup kemungkinan juga, akan menanamkan huruf kurang sanggup bangkit diatas kaki sendiri dalam jiwa anak. Nah, biar sang anak lebih menghargai uang, berikut beberapa kiat yang sanggup kita coba.


Gambar 1. Simak Kiat Berikut Agar Anak Lebih Menghargai Uang

Menunjukkan Kerja Keras Untuk Mendapatkan Uang
Kiat pertama adalah tunjukkan sikap kerja keras dihadapan anak. Misalnya, pergi dikala pagi hari kemudian pulang dikala malam. Ataupun, tidur larut malam alasannya menuntaskan pekerjaan. Nah, dengan menawarkan sikap tersebut, sang anak akan lebih menyadari bahwa mendapat uang bukan hal mudah. Selain itu, akan lebih menanamkan mental menghargai uang ke dalam jiwa anak. Tunjukkan juga uang hasil kerja keras tak dipakai seluruhnya. Ada yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan, dan ada yang dipakai untuk ditabung. Dengan menawarkan sikap ini, sang akan pun akan lebih menghargai uang.

Berusaha Menahan Perasaan
Sebagai orang tua, tentunya sangat menyanyangi buah hati kita. Karenanya, jikalau sang anak mempunyai keinginan, kita berusaha memenuhinya. Akan tetapi, memenuhi seluruh keinginannya, bukanlah hal bijak. Sebabnya, akan menanamkan anutan bahwa uang sanggup diperoleh dengan gampang di dalam jiwa anak. Bila anutan tersebut muncul, tentunya secara psikologis menciptakan sang anak kurang menghargai uang dan kerja keras orang tua. Selain itu, alasannya seluruh keinginannya terpenuhi, sang anak akan kurang mempunyai rasa tanggung jawab menjaga barang miliknya.

Membiasakannya Menabung
Dengan membiasakan sang anak menabung dikala usia dini, sang anak pun akan lebih menghargai uang. Selain itu, akan menanamkan mental ekonomis di dalam jiwa anak. Dengan menerapkan cara tersebut, akan lebih menanamkan bahwa uang tak sanggup diperoleh dengan gampang di dalam jiwa anak. Nah, sebagai tips, biar anak lebih terangsang untuk menabung, tak ada salahnya membelikannya celengan dengan desain yang disukai anak. Misalnya, jikalau anak menyukai huruf Hello Kitty, tak ada salahnya kita membelikannya celengan berdesain kucing lucu tersebut.

Memberi Contoh yang Baik
Anak secara psikologis cenderung menggandakan sikap orang-orang di sekitarnya. Karena orang bau tanah menjadi orang yang begitu bersahabat dengan anak, anak akan cenderung menggandakan perilakunya. Nah, terkait pendidikan anak biar lebih menghargai uang, tunjukkan referensi yang baik terkait hal tersebut. Misalnya, ekonomis dan tak boros membeli hal apapun. Ataupun, menawarkan bahwa kita gemar menabung. Ataupun juga, mengutamakan kebutuhan dan menyampingkan impian dalam membeli barang.

Demikian, beberapa kiat biar anak lebih menghargai uang. Sebagai orang bau tanah yang bijak, tentunya kita menginginkan biar anak kita menghargai uang.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
Tabloid Nova Edisi XXIX 14-20 Maret 2016 Halaman 20

Sumber gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2017/06/16/06/24/coin-2407945_960_720.jpg
Sumber https://www.pendidikan-anak.com/